<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d16404634\x26blogName\x3dAsosiasi+Logistik+Indonesia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://logistik.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://logistik.blogspot.com/\x26vt\x3d1864876647415419858', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Thursday, September 15, 2005

Re: [ALI] New Way to manage your Transport

Teman,
saya punya dua usulan awal,
1. outside
Jelas sekali kita tidak bisa hanya diam dan selalu menerima efek domino
yang sangat karena disebabkan oleh kenaikan BBM. Bersyukur hadirnya ALI,
telah menjadi media untuk berkumpul dan berpendapat.Momentum inilah saatnya
ALI juga bs berperan lebih untuk mencari bargaining dengan pemerintah,
sebagai DPR nya kaum Logistik, yang apapun hasilnya minimal pemerintah
melihat adanya wadah ini. Gimana..?
Remember friends..freedom is not a give..so we must fight for it.
2. inside
Walaupun secara general main bussinesss kita di Logistik.Tapi, seperti sudah
diterangkan sebelumnya,ada yang jenis usahanya kecil sampai dengan yang
raksasa.Jadi walaupun virusnya sama(kenaikan BBM) tapi semakin kuat
perusahaan itu maka semakin dia tidak merasakan efek dari virus tsb.
Melalui ALI, mudah2an si kecil dan si besar bisa bekerjasama, saling memberi
masukan supaya bs keluar dari krisis ini dengan berjalan beriringan.Apapun
cobaan di depan, pastikan kita tetap terus bersama.

Rgds
Trisula


----- Original Message -----
From: "Zaldy Ilham Masita" <zmasita@indosat.net.id>
To: <indo_logistician@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, September 15, 2005 3:37 PM
Subject: [ALI] New Way to manage your Transport


> Rekan-rekan,
> BBM akan naik lagi diperkirakan antara 30-50% mulai Oktober 05.
> Dan akan pelan-pelan naik secara bertahap menuju harga pasar. Fenomena ini
> sepertinya akan terjadi.
>
> Logistics Cost akan terimbas langsung dgn kenaikan BBM, dan saya rasa
> Bos-bos kita sdh mulai menghitung-hitung dampak kenaikan BBM thd bisnis.
> Faktor yg paling berpengaruh dan komponen cost terbesar di logistics cost
> (kalau inventory carrying cost tdk dimasukkan) adalah TRANSPORTATION COST
>
> Perang harga di transport bisnis akan di-perparah lagi dgn kenaikan BBM.
> Fenomena yg mungkin terjadi (sorry, saya suka nonton acara Fenomena jadi
> sering memakai kata ini):
>
> - Transporter kecil akan mulai tergulung atau ikut konsolidasi dgn
> transporter besar
> - Tender yg dilakukan oleh pihak user (transport) akan sering terjadi utk
> mendapatkan hasil terbaik dari perang harga para transporter
> - service level dari transport akan turun, jadi siap-siap aja transit
> time-nya akan molor dikit.
> - Optimasi transport dgn full truck load, multi-drop atau multi pick akan
> menjadi fokus para logistician. Frequency delivery akan dikurangi dgn
> menaikkan inventory di stock point.
>
> Saya rasa pendekatan-pendekatan yg biasa utk memecahkan masalah transport
> cost sdh tidak bisa dgn cara yang biasa lagi, kalau kita memang mau
> menurunkan logistics cost (tapi tdk memindahkan cost tsb ke "chain" yg
lain)
>
> Usulan saya:
> - backhaul or backload atau muatan balik harus sdh menjadi solusi bersama
> antara user dan transporter (darat maupun laut). Approach ini akan
> memberikan win-win solution utk user dan transporter.
> - Planning, adalah faktor yg sgt penting utk menjamin eksekusi di logistik
> berjalan lancar dgn cost yg efisien. Planning dimulai dari supplier,
> production, inventory sampai warehouse dan dispatch harus berjalan dengan
> baik. Kita tdk bisa lagi "menerima" demand fluktuasi sebagai salah satu
> "excuse"
> - Inventory Level, sebenarnya dari dulu point ini menjadi "faktor
terbesar"
> yg menyebabkan un-eficiency dari SCM. Tapi kita jarang atau takut utk
> melakukan "adjustment" di inventory level. Kayanya sekarang, sdh harus
> secara radical kita adjust inventory kita di semua chain dlm Supply Chain.
>
> Pemenang dari "krisis BBM" ini akan kita lihat tahun depan. Perusahaan
mana
> yang bisa menjaga market share dan service level-nya akan menjadi
pemenang,
> dan pasti perusahaan tsb didukung oleh team logistik yg kuat dan andal.
>
> Saya ingin membuka diskusi mengenai "krisis BBM" dengan teman-teman di ALI
> utk bisa menyumbangkan saran, komentar atau bahkan solusi agar perusahaan
> kita semua bisa menjadi pemenang.
>
> Thanks
> Zaldy
>
>
>
>
>
>
>
> --------------------------------------------------------------------------
----------------------
>    You can verify the authenticity of this message within 7 days since
delivery date at
>
http://public-smtp.idc.plasa.com/mail_user/verify_message.php?username=zmasi
ta@indosat.net.id&message_id=1EFp3e-00012b-Fe
> --------------------------------------------------------------------------
----------------------
>
>
>
>
> Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM
Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri
logistik di Indonesia" www.ali.web.id
>
> "Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"
>
> Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>



Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri logistik di Indonesia" www.ali.web.id

"Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"




SPONSORED LINKS
Supply chain logistics management Business finance course Business finance online course
Business finance class Business finance schools Business finances


YAHOO! GROUPS LINKS




Google