<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d16404634\x26blogName\x3dAsosiasi+Logistik+Indonesia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://logistik.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://logistik.blogspot.com/\x26vt\x3d1864876647415419858', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Thursday, September 15, 2005

Re: [ALI] New Way to manage your Transport

Yang terjadi saat ini BBM belum resmi naik, beberapa pelayaran sudah
mengurangi jumlah kapalnya untuk operasional pengangkutan inter island.
Selain karena tidak mendapatkan suplai BBM, juga harus antri untuk
mendapatkannya.

Akhirnya frekuensi dan jadwal kapal menjadi tidak teratur lagi tentunya akan
mengganggu distribusi barang di luar pulau Jawa.

Apakah dengan menaikan inventory level, kekosongan barang bisa
diminimalisir....?? semisalnya terjadi gangguan dalam distribusi barang.
Sebesar berapakah inventory level yang ideal..???

Penurunan Transportation Cost yang mungkin bisa dilakukan adalah :
1. Melakukan Tender transporter untuk menentukan tarif terkompetitif
2. Menentukan Standar Jenis Armada yang akan digunakan untuk pengiriman per
tujuan
3. Meningkatkan utilitas kapasitas armada secara maksimal
4. Melakukan pengiriman dengan mengurangi transit di gudang-gudang sentral
5. Konsolidasi pengiriman

Mungkin ada yang bisa menambahkan atau mengkoreksi...??

Thank's
Salam,
Haris



----- Original Message -----
From: "Zaldy Ilham Masita" <zmasita@indosat.net.id>
To: <indo_logistician@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, September 15, 2005 3:37 PM
Subject: [ALI] New Way to manage your Transport


> Rekan-rekan,
> BBM akan naik lagi diperkirakan antara 30-50% mulai Oktober 05.
> Dan akan pelan-pelan naik secara bertahap menuju harga pasar. Fenomena ini
> sepertinya akan terjadi.
>
> Logistics Cost akan terimbas langsung dgn kenaikan BBM, dan saya rasa
> Bos-bos kita sdh mulai menghitung-hitung dampak kenaikan BBM thd bisnis.
> Faktor yg paling berpengaruh dan komponen cost terbesar di logistics cost
> (kalau inventory carrying cost tdk dimasukkan) adalah TRANSPORTATION COST
>
> Perang harga di transport bisnis akan di-perparah lagi dgn kenaikan BBM.
> Fenomena yg mungkin terjadi (sorry, saya suka nonton acara Fenomena jadi
> sering memakai kata ini):
>
> - Transporter kecil akan mulai tergulung atau ikut konsolidasi dgn
> transporter besar
> - Tender yg dilakukan oleh pihak user (transport) akan sering terjadi utk
> mendapatkan hasil terbaik dari perang harga para transporter
> - service level dari transport akan turun, jadi siap-siap aja transit
> time-nya akan molor dikit.
> - Optimasi transport dgn full truck load, multi-drop atau multi pick akan
> menjadi fokus para logistician. Frequency delivery akan dikurangi dgn
> menaikkan inventory di stock point.
>
> Saya rasa pendekatan-pendekatan yg biasa utk memecahkan masalah transport
> cost sdh tidak bisa dgn cara yang biasa lagi, kalau kita memang mau
> menurunkan logistics cost (tapi tdk memindahkan cost tsb ke "chain" yg
> lain)
>
> Usulan saya:
> - backhaul or backload atau muatan balik harus sdh menjadi solusi bersama
> antara user dan transporter (darat maupun laut). Approach ini akan
> memberikan win-win solution utk user dan transporter.
> - Planning, adalah faktor yg sgt penting utk menjamin eksekusi di logistik
> berjalan lancar dgn cost yg efisien. Planning dimulai dari supplier,
> production, inventory sampai warehouse dan dispatch harus berjalan dengan
> baik. Kita tdk bisa lagi "menerima" demand fluktuasi sebagai salah satu
> "excuse"
> - Inventory Level, sebenarnya dari dulu point ini menjadi "faktor
> terbesar"
> yg menyebabkan un-eficiency dari SCM. Tapi kita jarang atau takut utk
> melakukan "adjustment" di inventory level. Kayanya sekarang, sdh harus
> secara radical kita adjust inventory kita di semua chain dlm Supply Chain.
>
> Pemenang dari "krisis BBM" ini akan kita lihat tahun depan. Perusahaan
> mana
> yang bisa menjaga market share dan service level-nya akan menjadi
> pemenang,
> dan pasti perusahaan tsb didukung oleh team logistik yg kuat dan andal.
>
> Saya ingin membuka diskusi mengenai "krisis BBM" dengan teman-teman di ALI
> utk bisa menyumbangkan saran, komentar atau bahkan solusi agar perusahaan
> kita semua bisa menjadi pemenang.
>
> Thanks
> Zaldy
>
>
>
>
>
>
>
> ------------------------------------------------------------------------------------------------
>   You can verify the authenticity of this message within 7 days since
> delivery date at
>
> http://public-smtp.idc.plasa.com/mail_user/verify_message.php?username=zmasita@indosat.net.id&message_id=1EFp3e-00012b-Fe
> ------------------------------------------------------------------------------------------------
>
>
>
>
> Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM
> Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri
> logistik di Indonesia" www.ali.web.id
>
> "Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"
>
> Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>
>



Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri logistik di Indonesia" www.ali.web.id

"Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"




SPONSORED LINKS
Supply chain logistics management Business finance course Business finance online course
Business finance class Business finance schools Business finances


YAHOO! GROUPS LINKS




Google