<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d16404634\x26blogName\x3dAsosiasi+Logistik+Indonesia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://logistik.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://logistik.blogspot.com/\x26vt\x3d1864876647415419858', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, September 13, 2005

RE: [ALI] Kekurangan barang saat ekspor

Dear Pak Haris,

Kalo boleh urun rembug....

Dalam kasus pengiriman FCL - dimana pemuatan barang dilakukan di paberik
customer - di bills of lading,
biasanya akan tercantum : shipper's load, stow and count".
Kalimat tersebut dimaksudkan bahwa pihak shipper/pemilik barang bertanggung
jawab atas isi, jumlah dan
kebenaran di dalamnya. Dalam hal ini, pihak pelayaran atau forwarder hanya
menerbitkan document sesuai
dengan instruksi si pemilik barang.

Kecuali dalam hal kasus pengiriman LCL, pihak pengangkut/co-loader harus
bertanggung jawab atas kurangnya
barang tersebut jikalau ditemukan ada kekurangan.

Kalo memang kasusnya adalah pengiriman FCL,maka perlu ditelusuri lebih
lanjut di pihak gudang pengirim/shipper
apakah sudah melakukan penghitungan barang dengan baik.

Bagi pihak asuransi, hal ini disebut dengan istilah "mysterious
disappearance". Kalo pihak terkait menginginkan
pihak Asuransi memberikan klaim atau ganti rugi, maka diperlukan dari dua
belah pihak :
Pengirim dan pembeli barang - sebuah surat pernyataan. Si pihak pengirim
membuat pernyataan bahwa barang adalah
lengkap sewaktu dikapalkan dengan menunjukkan bukti2/record eg. tally barang
waktu muat, packing list.
Si pihak penerima juga membuat pernyataan bahwa barang ada yang shortage
atau hilang.


Semoga berkenan !

rgds/Wahyu Budi


  _____ 

From: indo_logistician@yahoogroups.com
[mailto:indo_logistician@yahoogroups.com] On Behalf Of A. Haris Aridewo
Sent: 12 September 2005 9:07
To: indo_logistician@yahoogroups.com
Subject: [ALI] Kekurangan barang saat ekspor


Yth. All Milis ALI.

Saya ingin mendapatkan penjelasan mengenai klaim barang apabila kami
melakukan ekspor, akan tetapi barang yang di ekspor mengalami kekurangan.

Sebagai contoh :
Kami melakukan ekspor  FCL, dengan EMKL A, dan Freight Forwarder B. Ketika
barang diterima oleh buyer kami di LN (C), ternyata barang kurang 100 dus,
(entah benar atau tidak pernyataan dari C bahwa segel masih utuh, juga entah

benar atau tidak pihak gudang yang memuat barang bersikukuh barang termuat
benar seperti packing list dan invoicenya).

Nah kekurangan barang tersebut menjadi tanggung jawab siapa...??

Apakah ada sistem untuk proses klaim atas barang tersebut...??

Mohon kami dapat dijelaskan.

Terima kasih.

Salam ALI.
Haris




Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM
Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri
logistik di Indonesia" www.ali.web.id

"Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"




  _____ 

YAHOO! GROUPS LINKS


     
*      Visit your group "indo_logistician
<http://groups.yahoo.com/group/indo_logistician> " on the web.
 

*      To unsubscribe from this group, send an email to:
indo_logistician-unsubscribe@yahoogroups.com
<mailto:indo_logistician-unsubscribe@yahoogroups.com?subject=Unsubscribe>
 

*      Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service
<http://docs.yahoo.com/info/terms/> .


  _____ 




[Non-text portions of this message have been removed]



Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri logistik di Indonesia" www.ali.web.id

"Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"




YAHOO! GROUPS LINKS




Google