<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d16404634\x26blogName\x3dAsosiasi+Logistik+Indonesia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://logistik.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://logistik.blogspot.com/\x26vt\x3d1864876647415419858', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Monday, September 19, 2005

RE: [ALI] Biaya naik Karena BBM?


Saya ingin mepertajam pertanyaan saya. Apa masalah kita sebenarnya, terutama dalam hal logistik atau sepanjang value stream kita, yang membuat kita kalah bersaing? Saya menangkap kesan, kita terlalu cepat menyalahkan pihak lain atau melempar masalah keluar. Padahal masalah ada di dapur kita.
Katakanlah kita masih tergantung pada BBM, toh orang lain juga. Tapi kenapa kita kalah bersaing? Ini bukan berarti kita tak perlu memikirkan energi alternatif ke depan.
Maksud saya, peluang kita untuk menang bersaing masih terbuka lebar kalau kita menjawab pertanyaan di atas. Kalau kita buru-buru menyalahkan kenaikan BBM, maka diskusi kita harus di miling list lain, atau kita ke gedung pemerintah dan DPR. Bukan diskusi, tapi demo.
Dugaan saya, banyak perusahaan kita yang masih tidak aware dengan waste disepanjang value streamnya atau value chain nya. Mungkin kita sudah merasa kerja keras, tapi did not smart enough, yet to compete with others. Selamat berdiskusi.
Medrial Alamsyah
President Director
PT. Dualsoft Solutions Indonesia
YKKPT Building, 2nd Floor,
Jl. Iskandarsyah I/2, Kebayoran Baru
Jakarta 12160, INDONESIA
Tel: 62-21-727 89575, 727 92916
Fax: 62-21-727 93031


---------- Original Message ----------------------------------
From: Bagus Arianto <bejujag@yahoo.com>
Reply-To: indo_logistician@yahoogroups.com
Date:  Sat, 17 Sep 2005 19:35:54 -0700 (PDT)

><html><body>
>
>
><tt>
>saya rasa yg didiskusikan tidak melenceng dari masalah<BR>
>logistik dan chain management. kenaikan bbm menurut<BR>
>saya cukup relevan dangan masalah logistik. jadi saya<BR>
>tidak melihat masalah kenapa diskusi ini mesti diganti<BR>
>arahnya.<BR>
><BR>
><BR>
>wassalam,<BR>
><BR>
><BR>
>bagus arianto<BR>
><BR>
>--- Zaldy Ilham Masita <zmasita@indosat.net.id> wrote:<BR>
><BR>
>> Rekan-rekan, harap tetap fokus diskusinya ke arah<BR>
>> logistics dan SC. Jgn<BR>
>> melebar ke masalah yg umum.<BR>
>> Thanks<BR>
>> Zaldy<BR>
>> <BR>
>> ________________________________________<BR>
>> From: indo_logistician@yahoogroups.com<BR>
>> [mailto:indo_logistician@yahoogroups.com] On Behalf<BR>
>> Of Tedy Arief Susila<BR>
>> Sent: 16 September 2005 14:22<BR>
>> To: indo_logistician@yahoogroups.com<BR>
>> Subject: Re: [ALI] Biaya naik Karena BBM?<BR>
>> <BR>
>> <BR>
>> Bapak,<BR>
>> Sungguh sulit menjawab pertanyaan tsb. Kl boleh sy<BR>
>> meng-komentari, saya<BR>
>> teringat dengan nasehat dari Aa Gym, "persaingan<BR>
>> itulah yang membuat kita<BR>
>> besar", jadi intinya jangan takut bersaing.Cari<BR>
>> terobosan dan berusaha<BR>
>> menjadi trendsetter. Naiknya harga minyak dunia<BR>
>> tidak hanya menghantam<BR>
>> Indonesia, tp seluruh dunia pada umumnya. Oleh<BR>
>> karena itu perlunya<BR>
>> diversifikasi dalam bidang energi menjadi solusi,<BR>
>> karena sebagian besar<BR>
>> produksi di Indonesia bergantung pada BBM.Selain itu<BR>
>> ada beberapa faktor<BR>
>> lain yang juga menentukan kalah bersaingnya produk<BR>
>> Indonesia,:karena kalah<BR>
>> bersaing dalam kualitas dan mutu, adanya proteksi<BR>
>> dari neg.tujuan, biaya tak<BR>
>> terduga yang luar biasa (baca:pungutan) dan<BR>
>> perhatian pemerintah terhadap<BR>
>> pengusaha yang kurang atau mungkin bapak juga pernah<BR>
>> mendengar kayu dari<BR>
>> hutan Indonesia yang dokumennya berubah menjadi<BR>
>> China sebagai pengekspor,<BR>
>> bukti nyata jaminan kepastian hukum dan aparatur<BR>
>> negara di Indonesia yang<BR>
>> kurang, juga penyebab salah satunya.<BR>
>> <BR>
>> Rgds<BR>
>> Trisula<BR>
>> <BR>
>> <BR>
>> ----- Original Message -----<BR>
>> From: "medrial" <medrial@dualsoftsolutions.com><BR>
>> To: <indo_logistician@yahoogroups.com><BR>
>> Sent: Friday, September 16, 2005 1:00 PM<BR>
>> Subject: [ALI] Biaya naik Karena BBM?<BR>
>> <BR>
>> <BR>
>> <BR>
>> Saya tidak bisa membantah kalkulasi kawan-kawan soal<BR>
>> implikasi kenaikan<BR>
>> biaya akibat kenaikan BBM. Itu hanya soal matematika<BR>
>> biasa saja, tak akan<BR>
>> ada yang bisa membantah.<BR>
>> Mungkin lebih menarik untuk mendiskusikan pertanyaan<BR>
>> berikut: harga BBM di<BR>
>> Indonesia adalah termasuk yang termurah di dunia (1<BR>
>> sampai dengan 3 besar<BR>
>> termurah, tergantung jenis), namun mengapa ketika<BR>
>> harga BBM murah itu produk<BR>
>> kita tetap tidak bisa bersaing dibandingkan negara<BR>
>> yang BBM nya lebih mahal?<BR>
>> Ingat pula, harga buruh kita juga rendah, lho.<BR>
>> Menurut saya kalau kita bisa menjawab pertanyaan<BR>
>> tersebut, maka kita tak<BR>
>> perlu pusing dengan kenaikan BBM yang masih jauh di<BR>
>> bawah harga pasar dunia.<BR>
>> Medrial Alamsyah<BR>
>> President Director<BR>
>> PT. Dualsoft Solutions Indonesia<BR>
>> YKKPT Building, 2nd Floor,<BR>
>> Jl. Iskandarsyah I/2, Kebayoran Baru<BR>
>> Jakarta 12160, INDONESIA<BR>
>> Tel: 62-21-727 89575, 727 92916<BR>
>> Fax: 62-21-727 93031<BR>
>> <BR>
>> <BR>
>> ---------- Original Message<BR>
>> ----------------------------------<BR>
>> From: "Febri" <wfg_mgr1@seid.sharp-world.com><BR>
>> Reply-To: indo_logistician@yahoogroups.com<BR>
>> Date:  Fri, 16 Sep 2005 12:23:46 +0700<BR>
>> <BR>
>> ><html><body><BR>
>> ><BR>
>> ><BR>
>> ><tt><BR>
>> >Dear Rekan - rekan.<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Selain komponen maintenance/spare part, BBM, Supir<BR>
>> jangan lupa juga<BR>
>> masukan<BR><BR>
>> >efek domino dari kenaikan BBM tersebut.<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Salah satu contohnya adalah kemungkinan kenaikan<BR>
>> biaya handling (bongkar<BR>
>> &<BR><BR>
>> >muat) karena transport cost tidak bisa hanya di<BR>
>> hitung dari running<BR>
>> cost-nya<BR><BR>
>> >saja melainkan juga ada cost - cost yang diluar<BR>
>> running cost, misalnya<BR><BR>
>> >insurance, fleet registrasi, handling load &<BR>
>> unload, dsb. Belum lagi<BR>
>> jika<BR><BR>
>> >ada efek kenaikan dari penyeberangan dan ocean<BR>
>> freight serta port<BR>
>> handling.<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Salam,<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Aulia Febrial Fatwa<BR><BR>
>> >Hp : 0815 184 9596<BR><BR>
>> >Flexi : 021 702 25 797<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> > <BR><BR>
>> >-----Original Message-----<BR><BR>
>> >From: indo_logistician@yahoogroups.com<BR><BR>
>> >[mailto:indo_logistician@yahoogroups.com] On Behalf<BR>
>> Of PT. Citra<BR>
>> Transport<BR><BR>
>> >Logistic<BR><BR>
>> >Sent: Friday, September 16, 2005 11:15 AM<BR><BR>
>> >To: indo_logistician@yahoogroups.com<BR><BR>
>> >Subject: [ALI] Re: [ALI Re: [IPOMS-APICS] Kenaikan<BR>
>> Bahan Bakar Vs<BR>
>> Kalkulasi<BR><BR>
>> >Biaya<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >kita coba share ulang,<BR><BR>
>> >Berikut penjabarannya :<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >untuk pemakaian mobil 1 trip pengiriman<BR><BR>
>> >Komponennya adalah :<BR><BR>
>> >Maintenance/spare part : 30%<BR><BR>
>> >113,5% adalah asumsi 50% kenaikan sollar (27%)=<BR>
>> 13,5%+100% = 113.5%<BR><BR>
>> >= 113,5x30% = 34,05-30% = 4,05%<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Pendapatan Supir : 15%<BR><BR>
>> >110 % adalah 100%+10 (inflasi rata2 kenaikan tahun<BR>
>> 2004)= 110%<BR><BR>
>> >= 110x15% = 16,5-15% = 1,5 %<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Sollar : 35 %<BR><BR>
>> >= 127x35% = 44.45 - 35 = 9.45 %<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Jadi menurut perhitungan yang saya berikan jumlah<BR>
>> keseluruhan untuk<BR><BR>
>> >kenaikan adalah : 4.05% + 1.5% + 9.45% = 15%<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >jadi asumsi saya kenaikan yang wajar adalah 13,5% -<BR>
>> 15%<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Smoga membantu,<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Terima kasih<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Janto<BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> ><BR><BR>
>> >Bung Rifa'i,<BR><BR>
>> >> Pertanyaan Anda lebih relevan dibahas di milis<BR>
>> ALI (Asosiasi Logistik<BR><BR>
>> >> Indonesia), dan banyak sekali teman yg concern<BR>
>> thd masalah ini dan<BR>
>> akan<BR><BR>
>> >> dgn<BR><BR>
>> >> senang hati membahasnya. Oya, milisnya adalah<BR><BR>
>> >> indo_logistician@yahoogroups.com<BR><BR>
>> >> Salam,<BR><BR>
>> >> meidi<BR><BR>
>> >><BR><BR>
>> >><BR><BR>
>> >> On 9/15/05, Arik Rifai <arik@pacificindomas.com><BR>
>> wrote:<BR><BR>
>> >>><BR><BR>
>> >>> Dear IPOMS-ers,<BR><BR>
>> >>><BR><BR>
>> >>> Sebentar lagi pemerintah akan menaikkan harga<BR>
>> BBM (industri & non<BR><BR>
>> >>> industri) sesuai dgn harga pasar dunia yang<BR>
>> tentu akan berpengaruh<BR><BR>
>> >>> langsung<BR><BR>
>> >>> ke dalam perhitungan biaya (pokok)<BR>
>> penjualan.<BR><BR>
>> >>><BR><BR>
>> >>> Saya mengharapkan masukan dari para praktisi di<BR>
>> forum ini tentang<BR><BR>
>> <BR>
>=== message truncated ===<BR>
><BR>
><BR>
><BR>
>            <BR>
>__________________________________ <BR>
>Yahoo! Mail - PC Magazine Editors' Choice 2005 <BR>
><a href="http://mail.yahoo.com">http://mail.yahoo.com</a><BR>
></tt>
>
>
><!-- |**|begin egp html banner|**| -->
>
><br><br>
><tt>
>Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri logistik di Indonesia" www.ali.web.id<BR>
><BR>
>"Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"<BR>
></tt>
><br><br>
>
><!-- |**|end egp html banner|**| -->
>
>

>
><!-- |**|begin egp html banner|**| -->
>
><br>
>  <div style="text-align:center; color:#909090; width:500px;">
>  <hr style="border-bottom:1px; width:500px; text-align:left;">
>  <tt>YAHOO! GROUPS LINKS</tt>
></div>
><br>
><ul>
>  <tt><li type=square> Visit your group "<a href="http://groups.yahoo.com/group/indo_logistician">indo_logistician</a>" on the web.<br> </tt>
>  <tt><li type=square> To unsubscribe from this group, send an email to:<br> <a href="mailto:indo_logistician-unsubscribe@yahoogroups.com?subject=Unsubscribe">indo_logistician-unsubscribe@yahoogroups.com</a><br> </tt>
>  <tt><li type=square> Your use of Yahoo! Groups is subject to the <a href="http://docs.yahoo.com/info/terms/">Yahoo! Terms of Service</a>.</tt>
></ul>
><br>
><div style="text-align:center; color:#909090; width:500px;">
>  <hr style="border-bottom:1px; width:500px; text-align:left;">
></div>
></br>
>
><!-- |**|end egp html banner|**| -->
>
>
></body></html>
>
>
>





________________________________________________________________
Sent via the WebMail system at dualsoftsolutions.com



                  



Asosiasi Logistik Indonesia [ALI]: "turut meningkatkan kualitas SDM Indonesia di bidang profesi logistik dan sebagai wadah komunikasi industri logistik di Indonesia" www.ali.web.id

"Friends of ALI are: Cipta Mapan Logistics"




YAHOO! GROUPS LINKS




Google